UPI YPTK BERDUKA, BAPAK H. HERMAN NAWAS MENINGGAL DUNIA

Padang, Inna lillahi wa inna illaihi roji’un, kabar duka menyelimuti dunia pendidikan di Sumatera Barat, khususnya Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. Ketua Yayasan sekaligus pendiri dan pencetus ide lahirnya UPI YPTK Padang Alm. Bapak H. Herman Nawas  meninggal dunia di usia 65 tahun.

Bapak H. Herman Nawas lahir di Silungkang, 07 Agustus 1955, bersama dengan istri Ibu Dr. Hj. Zerni Melmusi, SE, MM, Ak. CA membangun UPI YPTK pada tahun 1985 yang dahulu dikenal dengan nama AMIK “YPTK”. Bapak H. Herman Nawas meninggal dunia pada hari Sabtu, 31 Oktober 2020 dikediaman beliau Komplek Aur Duri Indah dan dimakamkan pada hari Minggu, 01 November 2020 di Pemakaman Batu Loyo, Gurun Laweh, Kota Padang.

Pada prosesi penyelenggaraan jenazah almarhum diawali dengan dimandikan dan pelepasan jenazah dikediaman beliau di Komplek Aur Duri Indah. Acara pelepasan langsung disampaikan oleh anak ke-4 almahrum yaitu Bapak Dr. Muhammad Ridwan, SE, MM dengan suasana haru dengan membawakan gaya berpidato Almarhum membacakan terjamahan surat Asy-Syams 1-10. Kemudian sambutan juga disampaikan oleh Rektor UPI YPTK Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom, M.Sc, Ketua Ikatan Keluarga Silungkang, Ketua Ikatan Keluarga Aur Duri Indah, dan juga sambutan serta pelepasan dari Gubernur Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno yang mewakili pemerintah serta masyarakat Sumatera Barat.

Selanjutnya jenazah almarhum Bapak H. Herman Nawas, disholatkan ba’da sholat Dzuhur oleh ribuan jamaah yang telah hadir menunggu di Masjid Rahmatan Lil’alamin kampus UPI YPTK Padang.  Setelah itu jenazah dibawa ke tempat Pemakaman Batu Loyo, Gurun Laweh yang masih diiringi oleh ribuan jamaah serta masyarakat Lubuk Begalung yang ikut menyaksikan.

Bapak H. Herman Nawas dikenal sebagai tokoh yang peduli terhadap pendidikan, beliau fokus untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Selain itu, Bapak H. Herman Nawas juga dikenal oleh masyarakat sebagai sosok yang dermawan sehingga menjadi inspirasi bagi banyak orang. Di hari tua beliau habiskan dengan beribadah lima waktu di Masjid Rahmatan Lil’alamin kampus UPI YPTK Padang. Bersama jamaah beliau selalu sempatkan untuk bersilaturhami dan berbagi setiap waktunya.

Bapak H. Herman Nawas juga dikenal dekat dengan dosen dan karyawan serta mahasiswa. Bersama dosen dan karyawan beliau aktif untuk memajukan kampus UPI YPTK hingga berkembang sampai saat ini. Almarhum semasa memimpin kampus UPI YPTK selalu mengingatkan kepada dosen dan karyawan serta mahasiswa untuk selalu menjadikan Allah SWT diatas segala-galanya, apapun kegiatan ibadah adalah yang paling utama, sehingga kampus UPI YPTK dikenal sebagai kampus IT berbasiskan spiritual.

Selamat jalan Bapak, semoga apa yang telah bapak berikan untuk bangsa ini menjadi amal Jariyah yang tidak henti-hentinya di sisi Allah SWT. Insyaallah bapak husnul khatimah dan ditempatkan bersama Rasulullah SAW di Surga-Nya. Aamiin.